Menu

Dark Mode

Info

Contoh Surat Izin Absen Kerja dan Cara Membuatnya

badge-check


					Katadata Perbesar

Katadata

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Cara Membuatnya

Ada banyak alasan yang membuat seseorang harus absen dari pekerjaan. Misalnya karena sakit, keluarga yang meninggal dunia, melahirkan, hingga keperluan mendadak yang tidak bisa dihindari.

Namun, perusahaan tidak bisa sembarangan memberikan izin karena aturan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan memberikan kabar dan mengirimkan surat izin kerja saat tidak masuk kerja. Surat izin kerja merupakan surat yang menyatakan kamu sedang berhalangan kerja dan menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan izin dari atasan.

https://i0.wp.com/nonval.id/wp-content/uploads/2024/12/Gaya-Makanan-Sehat.jpg

Jika tidak ada format khusus dari perusahaan, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele, pastikan pesanmu tersampaikan. Sebagai referensi, berikut ini terdapat beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja dan cara membuatnya!

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Meminta izin lisan untuk tidak masuk kerja tentu saja tidak cukup, karyawan harus memberikan surat izin tidak masuk kerja pada atasan atau HRD perusahaan. Isi dari surat ini akan mencakup tanggal, data diri, hingga tujuan izin yang akan dilakukan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja sesuai dengan tujuannya seperti berikut ini:

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Karena Anak Sakit

Bagi orang tua yang memiliki anak, rasanya sulit meninggalkan anak yang sakit untuk bekerja. Oleh karena itu, mungkin saja seseorang tidak masuk kerja dan izin kepada atasan untuk menjaga anaknya yang sedang sakit hingga keadaannya membaik. Dalam kondisi tersebut, kamu bisa membuat surat izin dengan contoh seperti surat di atas.

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Cek Kesehatan

Melakukan cek kesehatan biasanya dilakukan saat hari kerja karena dokter yang praktek hanya di hari tersebut, sehingga seseorang harus izin tidak masuk kerja. Jika sudah memiliki jadwal pastinya, kamu bisa mengirimkan 1-2 hari sebelumnya dan turut melampirkan surat keterangan dokter untuk mendukung permohonan izin kamu.

Setiap kantor memiliki kebijakannya tersendiri soal surat izin tidak masuk kerja karena sakit. Ada yang wajib melampirkan surat keterangan dari dokter, adapun yang tidak. Nah, jika perusahaanmu harus melampirkan surat dokter, contoh berikut bisa kamu jadikan acuan.

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Izin masuk kerja karena sakit adalah salah satu alasan paling umum dan manusiawi yang membuat seorang karyawan tidak masuk bekerja. Setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda dalam pengajuan surat ijin tidak masuk kerja karena sakit. Misal, ada yang harus disertai surat dokter dan ada yang tidak mewajibkan asal tidak lebih dari satu hari.

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Urusan keluarga seperti anggota keluarga menikah, melahirkan, dan lainnya kerap menjadi salah satu alasan karyawan yang paling umum untuk tidak masuk kerja. Jika memang kamu memiliki urusan keluarga yang sifatnya tidak bisa ditinggalkan, kamu bisa gunakan contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini sebagai referensi untuk menulis surat izinmu.

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keluarga Meninggal Dunia

Beberapa kondisi terdesak mengharuskan seseorang izin kerja, seperti ada keluarga yang meninggal. Hal ini tidak dapat diprediksi sehingga terkadang mungkin kamu kebingungan untuk membuat surat izinnya.

Karena beberapa perusahaan tidak mengizinkan karyawannya untuk libur kerja jika yang meninggal bukan dari keluarga inti. Jika kamu mengalami hal tersebut, berikut contoh surat izin tidak masuk kerja karena keluarga meninggal yang kamu jadikan acuan.

6. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah

Hampir setiap orang pasti berencana untuk menikah, begitupun dengan seorang karyawan atau bekerja. Biasanya seorang karyawan akan berencana mengambil libur kerja karena acara tersebut.

Kamu bisa mengajukannya beberapa hari sebelum acara berlangsung sesuai dengan kesepakatan dengan pihak perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa mencari pengganti untuk menyelesaikan tugas yang harus dilakukan.

7. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Melahirkan

Jika kamu adalah seorang karyawan sekaligus ibu hamil yang sedang mempersiapkan proses melahirkan, sebaiknya perlu siapkan surat izin tidak masuk kerja jauh-jauh hari. Hal ini akan membuat perusahaan tidak repot untuk mencari penggantimu dalam hal pekerjaan.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tahapan dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin kerja:

1. Tanggal Izin Kerja

Hal terpenting yang harus ada di dalam surat izin tidak masuk kerja adalah tanggal izin kerja. Pastikan kamu mencantumkan tanggal dan hari kamu izin dengan benar.

Dengan begitu, pihak HRD akan mencatat tanggal izin dan untuk mengetahui apakah kamu mempunyai deadline pekerjaan tertentu yang nantinya mungkin akan dihibahkan pada rekan kerja yang lain selama kamu tidak bekerja.

2. Identitas Diri

Selain tanggal izin, kamu juga wajib mencantumkan identitas diri yang lengkap dan benar, meliputi nama lengkap, jabatan atau divisi, dan nomor induk kepegawaian. Tujuannya untuk memudahkan pihak HRD dapat mendata izin kamu dengan jelas.

3. Tujuan Izin Kerja

Nah, selanjutnya adalah bagian paling penting dari surat izin kerja, yakni tujuan atau alasan kamu tidak masuk kerja. Hal ini juga yang akan menentukan surat izin tidak masuk kerja yang kamu buat diterima atau tidak.

Maka, pastikan kamu menulisnya dengan alasan yang logis dan sebenar-benarnya. Ingat, kamu harus membuatnya dalam bentuk resmi dan tidak seperti surat non formal.

4. Lama Izin Kerja

Jika kamu memiliki jangka waktu tertentu untuk izin kerja, pastikan kamu mencantumkannya di dalam surat izin tidak masuk kerja. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat mengetahui tugas apa saja yang kamu tinggalkan selam tidak masuk kerja.

5. Ucapkan Terima Kasih

Terakhir, jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada bagian yang bertanggung jawab sehingga akan tercipta hubungan kerja yang baik. Dengan ucapan terima kasih itu juga akan membuat pihak atasan akan merasa dihargai.

Itulah beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja beserta cara membuatnya. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ketika membutuhkan surat izin tersebut, karena kamu bisa menggunakan salah satu contoh surat izin di atas.

Jangan lupa untuk menggunakan cara penulisan, pemilihan kata yang baik dan benar dalam membuat surat izin tidak masuk kerja agar tetap terlihat profesional ya!

Read More

Daftar Tip dan Trik Terbaru untuk Bermain Free Fire, Bahasa Indonesia!

25 December 2024 - 14:30 WIB

Tips Menghitung Kuantitas Cat Tembok dengan Akurat, Hindari Kesalahan!

25 December 2024 - 14:28 WIB

Daftar Pajak Mobil Toyota Innova Tiap Tahun, Lengkap Semua Varian!

25 December 2024 - 14:28 WIB

Rincian Pajak Mobil Avanza Terbaru 2024, Semua Varian Tersedia

25 December 2024 - 14:27 WIB

Pilihan Terbaik dalam Keramik Lantai yang Berkualitas, Tahan Lama

25 December 2024 - 14:27 WIB

Panduan Praktis Memilih Proyektor yang Tepat

25 December 2024 - 14:27 WIB

Rahasia Efektif Mobile Legends: Trik Terpopuler yang Legal dan Terjamin

25 December 2024 - 12:45 WIB

Tanda-tanda Kamu Seorang Audiophile yang Perlu Kamu Ketahui!

25 December 2024 - 12:45 WIB

Trending on Info