8 Tugas Utama Administrator dan Contohnya: Menarik untuk Ditekuni? (12 kata)
Tokopedia

8 Tugas Utama Administrator dan Contohnya: Menarik untuk Ditekuni? (12 kata)

Job Desk Admin dalam Mengelola dan Memproses Data Perusahaan

Sebuah perusahaan, baik besar maupun kecil, memiliki berbagai macam divisi untuk menjalankan operasional. Salah satu divisi yang mengolah data dan melakukan pelaksanaan tertulis di perkantoran adalah admin.

Admin adalah orang yang mengurusi tata kelola administrasi, seperti mengurus segala berkas, membuat laporan, pengarsipan, hingga pengaturan keuangan. Seorang admin harus cekatan, detail, dan teliti saat menginput dan memproses data-data di perusahaan. Selain itu, seorang admin harus multitasking dan memiliki komunikasi yang baik karena pekerjaannya menyangkut hal-hal penting dalam perusahaan saat menyiapkan data dan juga bekerja sama dengan lintas departemen. Pekerjaan sehari-hari admin bisa berbeda-beda tergantung dari bidang pekerjaan yang menaunginya.

Macam-Macam Job Desc Admin dan Contohnya

Tugas admin dalam sebuah perusahaan tidak selalu sama. Ada juga admin yang memiliki sedikit tugas berbeda sesuai jenis perusahaan yang ditempati. Setiap perusahaan pasti memiliki tugas spesifik tertentu untuk seorang admin kerjakan, bahkan dalam sebuah perusahaan besar, seorang admin tak cukup diselesaikan oleh satu orang saja. Untuk lebih jelasnya, simak macam-macam job desc admin berikut ini!

1. Job Desc Admin Marketing

Admin marketing bertanggung jawab untuk mengelola pemasaran perusahaan dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan di platform media digital. Berikut ini adalah tugas lengkap seorang admin marketing:

  • Meneliti tren terkini dan kebutuhan para pelanggan untuk mempermudah proses promosi yang efektif.
  • Mengaplikasikan strategi pemasaran dan merancang serta menerapkan strategi marketing untuk menjangkau pelanggan baru dengan anggaran yang efektif.
  • Berkomunikasi dengan tim lain, seperti tim PR, manajemen, dan vendor untuk menyediakan informasi dan citra produk yang positif.
Baca Juga  Pesona Wisata Yogyakarta: Keindahan Budaya dan Alam yang Memukau

2. Job Desc Admin Project

Admin proyek bertugas memastikan pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik. Tugas-tugasnya mencakup:

  • Menginput, merekap, dan merapikan data.
  • Membuat rekapan biaya operasional.
  • Menyusun format dan isi surat jalan.
  • Membuat dan merekap data absensi, termasuk data lembur karyawan.
  • Menginput laporan bulanan.

3. Job Desc Admin Media Sosial

Admin media sosial bertugas mengelola akun media sosial perusahaan untuk meningkatkan citra perusahaan dan menarik pelanggan. Tugas admin media sosial termasuk:

  • Merancang konten yang menarik di akun media sosial perusahaan untuk menarik calon pembeli.
  • Berkomunikasi dengan followers, memberikan respons pertanyaan dengan bahasa yang baik dan positif.
  • Memantau aktivitas media sosial dan mengatur waktu posting saat followers aktif.

4. Job Desc Admin Perkantoran

Seorang admin perkantoran memiliki tugas administrasi yang lebih umum, seperti:

  • Menerima dan membuat panggilan telepon kepada pihak luar dengan kemampuan komunikasi yang baik.
  • Menjadwalkan agenda kantor dan memastikan pertemuan tidak bertabrakan.
  • Melakukan pengarsipan data perusahaan agar tersusun dengan rapi.

5. Job Desc Admin Gudang

Admin gudang bertugas untuk mencatat dan mengelola barang-barang yang ada di gudang. Tugas-tugasnya antara lain:

  • Menginput data barang yang ada di gudang.
  • Membuat laporan barang secara rutin.
  • Mengatur sortir dan packing barang.
  • Memesan barang dan mengatur pembayaran barang.

6. Job Desc Admin Bank

Admin bank bertugas untuk memberikan pelayanan administrasi dan mendukung kegiatan operasional bank. Tugas admin bank antara lain:

  • Melakukan penyediaan pelayanan administrasi dan memelihara dokumen.
  • Menyusun kegiatan administrasi seperti input data, rekap data, dan pengarsipan.
  • Melakukan kegiatan audit.
Baca Juga  Menguasai Map Baru PUBG Mobile dengan Daftar Pilihan Terbaik

7. Job Desc Admin Toko

Admin toko memiliki tugas untuk mengatur segala keperluan toko dan administrasinya. Berikut adalah tugas admin toko:

  • Melakukan input atau pemasukan data penjualan.
  • Membuat laporan mengenai persediaan barang di toko secara rutin.
  • Melakukan tagihan dan menerima tagihan pembayaran terhadap penjualan yang telah dilakukan.
  • Memeriksa daftar absensi rutin karyawan dan mengevaluasi gaji karyawan.

8. Job Desc Admin Online Shop

Admin online shop bertanggung jawab dalam memantau dan merespons pesanan dari pelanggan. Tugas-tugasnya adalah:

  • Membalas pesan dari pelanggan dan mengonfirmasi pesanan.
  • Menjelaskan informasi produk kepada pelanggan.
  • Melayani komplain pelanggan dan memperbarui jumlah stok barang.

Nah, itu dia berbagai macam job desc admin sesuai jenis perusahaan yang ditempati. Secara garis besar, seorang admin bertugas untuk mengatur dan mengolah data-data yang ada di perusahaan.

Apakah kamu tertarik menjadi admin sebuah perusahaan?